Selasa, 11 Agustus 2009

Darah di PMI menipis

Darah di PMI menipis


Tulisan ini pernah dimuat di Kolom Surat Pembaca Suara Merdeka. Maksud tulisan agar kesadaran masyarakat tentang Donor darah semakin baik. Adakah respon dari pembaca ?



Sabtu 03 Nopember 2007, saya donor darah lagi di PMI Jl,Sugijopranoto Bulu Semarang. Seperti yang sudah-sudah, kesempatan donor itu saya gunakan untuk bertanya-tanya seputar kegunaan donor darah dan kondisi PMI.

Berdasar cerita petugas yang ramah membantu saya berdonor, sejak bulan puasa stock darah di PMI menipis. Kondisi ini akan stabil lagi dibulan Desember 2007 sampai Januari 2008. Karena biasanya dibulan puasa, para pendonor darah jumlahnya menurun. Siklus ini akan terulang seperti itu setiap tahun. Padahal pasien yang membutuhkan donor darah tidak mengalami penurunan.

Saya cukup termenung mendengar penjelasan dari petugas PMI yang baik itu. Kenapa mayarakat kita masih sedikit yang mau melakukan donor darah secara rutin. Padahal dengan donor darah yang rutin, selain ada unsur kemanusiaannya juga ada fungsi kesehatan bagi pendonor sendiri. Jangan memperhitungkan bahwa yang rutin mendonor harus mendapatkan perlakuan istimewa kelak jika membutuhkan darah. Karena perlakuan istimewa itu tidak pernah akan ada. Tetapi lakukanlah donor darah dengan iklas. Niscaya Tuhan akan membalas kita dengan kesehatan yang berlipat ganda.

Semoga tulisan ini menggugah saudara-saudaraku yang belum melakukan donor darah agar segera mendonor kan darahnya dengan iklas. Bantulah PMI dalam menghimpun darah untuk sesama dengan misi kemanusiaan ini. Dan kepada PMI agar melakukan terobosan-terobosan menarik dalam mengedukasi masyarakat tentang arti pentingnya donor darah bagi orang lain, dan bagi diri sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar