Selasa, 11 Agustus 2009

Menggunakan HP saat berkendaraan

Menggunakan HP saat berkendaraan

Tulisan ini pernah dimuat di Kolom Surat Pembaca Suara Merdeka.Tujuan penulisan ini agar masyarakat memahami dan menghormati keselamatan orang lain saat berkendaraan di jalan raya.Saya minta tanggapan dari teman - teman tentang hal ini.



Maraknya perlembangan HP dewasa ini tidak diimbang dengan kesadaran masyarakat dalam penggunaannya. Seringkali terlihat pengemudi mobil maupun pengendara sepeda motor menerima telephone maupun HP disaat mengemudi kendaraannya.
Bahkan tidak jarang terlihat pengendara sepeda motorpun " ber SMS ria " sambil melenggang di jalan raya. Benar - benar sudah menjadi sebuah kebiasaan atau Budaya bahwa mengendarai sepeda motor maupun mobil dengan ber HP adalah perbuatan yang benar !!!

Padahal tanpa disadari, bahwa dengan kecerobohannya itu akan berakibat fatal terhadap keselamatan dirinya dan keselamatan orang lain.
Memang sampai dengan saat ini belum ada sebuah survey yang menghubungkan antara jumlah kecelakaan lalu lintas dengan kebiasaan ber HP disaat mengendarai mobil atau sepeda motor. Tetapi apakah harus menunggu timbulnya kecelakaan dulu sebelum timbul sebuah peraturan ?
Bukankan preventive itu lebih baik dari pada kurative ? Mencegah itu lebih baik daripada memperbaiki. Mohon kepada pihak - pihak yang berwenang, agar segera membuat peraturan tentang larangan menggunakan HP sambil mengemudikan kendaraan . Mengingat dampaknya sangat buruk terhadap keselamatan masyarakat pengguna jalan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar